bagaimana meringkas yang baik dan benar

Cara meringkas yang baik dan benar

Meringkas buku adalah kegiatan mencatat dari hal-hal yang di anggap penting dalam subuah buku. Ringkasan di susun berurutan seperti tulisan aslinya. Kegunaan meringkas buku adalah untuk menguasai isi yang terdapat dalam teks asli, namun singkat dan padat.

Tujuan ringkasan dan rangkuman :

Ringkasan dan rangkuman (ikhtisar) dibuat untuk memendekkan sebuah karanganyang panjang. Seseorang yang akan membuat ringkasan dan rangkuman (ikhtisar) harusmemilah-milah mana gagasan utama dan gagasan tambahan

Untuk dapat meringkas buku dengan baik, ada beberapa tips meringkas buku yang efektif untuk mendapatkan hasil ringkasangan yang baik dan bermanfaat. Diantaranya adalah sebagai berikut:

Memahami isi atau gambaran umum sebuah buku

Untuk dapat melakukan review yang baik dari sebuah buku, maka pekerjaan pertama yang harus kita lakukan adalah memahami gambaran umum buku tersebut. Disini kita tidak harus membaca buku secara keseluruhan, karena itu akan membutuhkan waktu yang cukup lama.Kita bisa membaca synopsis dari sebuah buku, jika buku tersebut memang ada sinopsisnya. Jika tidak kita bisa memahami pendahuluan atau kata pengantar yang ditulis oleh penulis, biasanya disini penulias menjelaskan secara umum tentang garis besar isi buku.

Memahami gambaran isi sub bab dalam buku

Setelah kita memahami gambaran umum buku, langkah selanjutnya kita melakukan kajian terhadap tiap bab yang ada dalam buku. Ada berapa bab buku tersebut, cara ini dilakukan untuk memahami keterkaitan antara bab satu dengan yang lain. Dengan begitu kita akan tau alur dari isi sebuah buku.

Melakukan pencatatan pada hal-hal yang dianggap penting

Kegiatan ini sangat penting karena kita jadikan acuan dalam meringkas sebuah buku. Jangan sampai kita melewatkan hal-hal penting . karena jika terlewat kita bisa kehilangan keterkaitan antara bab satu dengan yang lainnya. Catatan ini dibuat secara simple hingga memudahkan kita dalam memulai kegiatan meringkas

Mulai menulis dengan membuat dafar dari hasil catatan yang kita buat

Dari hasil catatan yang kita lakukan kita membuat semacam draf atau tabel untuk lelih memudahkan kita dalam bekerja. Tabel ini akan sangat membantu kita dalam menentukan alur dari isi sebuah buku

Silahkan mulai meringkas

Setelah langkah demi langkah kita lakukan, maka hal yang dikerjakan terakhir mulailah meringkas, jangan tunggu besok-besok, luangkan waktu sehingga kegiatan tersebut tidak menggangu aktifitas kita yang lain.

Penggunaan tata tulis dan bahasa

Dalam meringkas buku juga harus memperhatikan tata tulis dengan baik. Hal ini akan lebih memudahkan mempelari ringkasan yang kita buat. Setelah kita selesai meringkas, langkah selanjutny adalah mengevaluasi ringkasan. Bacalah ringkasan kita, dari awal sampai akhir, perbaiki tulisan atau penggunaan tata bahasa yang salah, lakukan hal ini dengan baik, karena selain melatih menulis yang baik, juga melatih bagaimana menggunakan bahasa yang baik dan benar sesuai dengan kaidah yang berlaku.

Kesimpulannya meringkas yang baik dan benar harus memperhatikan tata cara pengambilan kalimat-kalimat yang berpengaruh atau penting  yang terdapat dalam sebuah buku untuk dapat menghasilkan isi dalam buku tetapi dalam bentuk yang lebih singkat.

 

http://cafemotivasi.com/tips-meringkas-buku/

http://www.scribd.com/doc/52117646/ringkasan-dan-rangkuman

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: