harapan koperasi indonesia

HARAPAN KOPERASI DI INDONESIA

 

Koperasi  adalah  organisasi bisnis yang dimiliki dan dioperasikan oleh orang/seorang demi kepentingan bersama. Koperasi melandaskan kegiatan berdasarkan prinsip gerakan ekonomi rakyat yang berdasarkan asas kekeluargaan. Di Indonesia koperasi telah dikenal sejak abad 19-an oleh seorang  patih R. aria wiria atmaja di purwokerto yang mendirikan bank bagi para pegawai negeri dan berkembang hingga saat ini. Di abad 21 ini perkembangan koperasi di Indonesia kian meningkat  dan makin diminati untuk kesejahteraan  masyarakat khususnya bagi para anggota koperasi tersebut.

Dalam  Undang-undang No. 25 tahun 1992 Pasal 4 menjelaskan bahwa koperasi memiliki fungsi dan peran di antaranya  yaitu mengembangkan potensi dan kemampuan ekonomi anggota dan masyarakat, adanya upaya mengembangkan kualitas kehidupan manusia, memperkuat perekonomian rakyat, menumbuhkan ekonomi nasional, serta mengembangkan kreativitas dan jiwa berorganisasi bagi pelajar bangsa. Koperasi memiliki banyak jenis seperti simpan pinjam, unit desa, karyawan dll

Sebagai  Negara berkembang Indonesia perlu peran koperasi sebagai wadah peningkatan taraf hidup, untuk  mencapai kemakmuran, dan kesejahteraan rakyatnya, karena apabila suatu Negara masyarakatnya sejahtera akan mendorong pertumbuhan ekonomi Negara tersebut kearah yang lebih tinggi  dan  baik . apalagi di zaman sekarang  iklim yang sering kurang bersahabat dan era persaingan antar Negara yang semakin tinggi akan mempengaruhi kestabilan ekonomi  nasional, persaingan harga akan semakin gencar.

untuk melindungi nya pemerintah harus membuat terobosan yang menguntungkan khusus bagi produk-produk domestik. Contohnya petani beras yang terpaksa menjual gabahnya dengan harga murah dan untuk menutupi kerugiaan rata-rata para petani  harus mengutang ke pada  rentenir dengan bunga yang tinggi  di karenakan beras mereka kalah bersaing dengan produk impor yang harga jauh lebih murah tetapi, dengan membuat koperasi bagi para petani beras yang lebih baik dari sebelumnya,bisa menghindarkan hal-hal tersebut terjadi.

Di Negara maju koperasi sudah sangat begitu berpengaruhnya, saya berharap supaya koperasi di Indonesia bisa jauh lebih maju dan modern kementerian koperasi dan UKM Indonesia harus lebih berperan aktif mendukung pemerataan koperasi di seluruh wilayah Indonesia terutama di pedesaan dan daerah terpencil lainnya untuk meningkatkan ekonomi rakyat kecil melalui koperasi dan pemberian modal bagi ukm, masyarakat lebih di edukasi lagi dan di sekolah-sekolah lebih di serukan lagi  sebagai dasar pengenalan awal koperasi. Memang koperasi dan ekonomi kerakyatan tak bisa dilepaskan,

apalagi Indonesia sebagai Negara yang berdasarkan pancasilaJuga koperasi sebagai amanat dari para pendiri  Negara terdahulu seperti bung hatta bapak koperasi Indonesia. Karena di koperasi terdapat nilai-nilai gotong-royong, persatuan, persaudaraan, dan tolong menolong dengan tujuan kemakmuran serta kesejahteraan bagi para anggotanya dan masyarakat secara keseluruhan yang cocok dengan budaya bangsa yang sama dengan nilai-nilai tersebut. (referensi : wikipedia dan dari diri sendiri)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: